Tuesday, 12 February 2013

Tugas Sekolah dalam PKB Guru

Di sekolah harus ada Koordonator PKB, berikut syarat koordinator PKB tingkat sekolah, dan kegiatan awal pelaksanaan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan).

Sekolah di bawah kepemimpinan kepala sekolah yang bertanggung‐jawab  langsung  dalam  pengelolaan  guru untuk  melaksanakan  tugas  dan  fungsi  serta pengembangan profesinya memiliki tugas dan tanggung‐jawab dalam pelaksanaan PKB sebagai berikut. 


  1. Memilih  koordinator  PKB  dan  Guru  Pendamping dalam pelaksanaan PKB. 
  2. Menyusun  program  kegiatan  PKB  yang  didasarkan kepada  hasil  PK  GURU  masing‐masing  guru  di sekolahnya  sesuai  dengan  rambu‐rambu penyelenggaraan  PKB  dan  prosedur  operasional standar penyelenggaraan PKB. 
  3. Menetapkan  rencana  program  dan  pembiayaan kegiatan PKB sekolah dan  mengusulkan kegiatan PKB untuk  dilaksanakan  dan  dikoordinasikan  oleh  gugus sekolah dan/atau Dinas Pendidikan kabupaten/kota. 
  4. Melaksanakan  kegiatan  PKB  sesuai  program  yang telah  disusun  secara  efektif,  efisien,  obyektif,  adil, akuntabel, dsb di sekolahnya. 
  5. Memberikan  kemudahan  akses  bagi  koordinator PKB/Guru Pendamping untuk melaksanakan tugasnya dan akses bagi guru untuk mengikuti kegiatan PKB di ekolah,  gugus,  maupun  tingkat  kabupaten/kota, provinsi dan/atau nasional. 
  6. Menjamin  ketercapaian  pelaksanaan  PKB  sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan (lihat Format Kendali Kinerja Guru dalam Pedoman PK GURU) dan kebutuhan sekolah. 
  7. Mengevaluasi dan melaporkan kegiatan PKB sekolah kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan/atau ke gugus  untuk  selanjutnya  diteruskan  kepada  Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.  
  8. Membantu  tim  pemantau  dan  evaluasi  dari  tingkat pusat, LPMP, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, UPTD Dinas  Pendidikan  Kabupaten  di  Kecamatan,  dan Pengawas Sekolah.
Sumber: Buku 1 Pedoman Pengelolaan PKB


1 comments: