Friday 15 February 2013

Tema, Judul, dan Materi LPIR SMP 2013


Beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di tingkat SMP telah dilakukan oleh Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan  dan Kerbudayaan dengan memfasilitasi beberapa kegiatan yang mengarah pada pengembangan kreativitas dan inovasi siswa dalam Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS). Referensi kegiatan lomba ini tidak terlepas dari kegiatan kompetisi internasional (Global Competitiveness) yang dimungkinkan akan terselenggara sebagaimana kompetisi di bidang sains. 

Di samping referensi tersebut di atas dilakukan diversifikasi sebagai usaha dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia antara lain melalui kegiatan kesiswaan dalam bentuk kegiatan bimbingan penelitian ilmiah remaja. Hasil-hasil penelitian kesiswaan tersebut diwadahi dalam sebuah kompetesi yang bernama Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR)


Tema LPIR SMP 2013
 “Pemanfaatan Penelitian Ilmiah Remaja Dalam Membangun Karakter Siswa”

Sub Tema : “Meneliti Sumber Daya Alam dan Potensi lingkungan Sekitar, Guna Menumbuhkembangkan Kreativitas inovatif, ulet, cermat dan cinta tanah air kepada siswa”.

Tema ini bukanlah ‘judul penelitian’, namun dapat dikembangkan menjadi judul-judul penelitian.

Judul
Judul karya ilmiah ditentukan oleh peserta sendiri yang mengacu pada tema dan sub tema LPIR 2013.

Ruang Lingkup LPIR mencakup tiga bidang keilmuan, yaitu;
1.  Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan.
2.  Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan
3.  Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa

Materi
Materi yang dibahas harus aktual dan merupakan hasil penelitian ilmiah yang ditulis sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah.
Kaidah penulisan: sistenatika, muatan, penjilidan, dan lain-lain diuraikan dengan jelas pada buku panduan.

Buku Panduan LPIR SMP 2013 dapat diunduh melalui laman Unduh.

2 comments: